Kata siapa traveling ke Bali itu mahal? Sebetulnya mahal dan murah ini hanya perihal gaya hidup saja. Dalam tulisan ini saya sampaikan detail perjalanan dan biaya hidup selama berada di Bali.
Pertama, saya mengawali perjalanan ke Bali yaitu dari rumah di Magelang. Tujuan saya yaitu ke Stasiun Poncol Semarang. Stasiun Poncol menjadi awal mula perjalanan panjang menuju Pulau Dewata. Sebelum memutuskan berangkat ke Bali tentunya saya sudah menyiapkan transportasi dan akomodasi selama disana.
Sebelum keberangkatan kereta, saya diharuskan untuk melakukan Tes Swab Antigen guna memastikan kondisi kesehatan tubuh di era pandemi seperti sekarang. Swab antigen ini sebenarnya sudah saya beli sepaket dengan tiket pesawat terbang seharga Rp. 35.000 via Traveloka, tapi sialnya ternyata pihak klinik tidak bisa melakukan tes apabila keberangkatan pesawat dari luar Jawa Tengah karena keberangkatan pesawat saya dari Bandara Juanda Surabaya. Setelah itu saya memutuskan untuk melakukan swab mandiri di klinik tersebut. Tiket swab antigen saya beli melalui aplikasi Tiket.com seharga Rp. 45.000. Swab antigen boleh dilakukan di klinik manapun asal terdaftar dalam sistem Kemenkes dan dapat terhubung dengan aplikasi Peduli Lindungi. Setelah hasil swab keluar, saya memutuskan berangkat ke Stasiun Poncol.
Dalam perjalanan darat menuju Pulau Bali ini, saya memilih Kereta Airlangga dengan harga Rp. 49.000 tujuan akhir di Stasiun Pasar Turi. Kereta Airlangga berangkat dari Stasiun Poncol pukul 18.37 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Turi pukul 23.00 WIB dengan menempuh perjalanan sekitar 4 jam. Setelah sampai di Stasiun Poncol, saya beristirahat sejenak sambil menikmati malam di Surabaya. Setelah itu, pukul 02.30 WIB saya beranjak menuju Bandara Juanda Surabaya. Perjalanan dari St. Pasar Turi ke Bandara Juanda saya putuskan menggunakan taksi online, dengan biaya sekitar Rp. 100.000,00 karena memang jaraknya cukup jauh. Pukul 03.00 WIB akhirnya saya tiba di Bandara Juanda, sembari menunggu waktu Check-in Bandara bisa digunakan untuk beristirahat di sekitaran area kedatangan.